Senin, 17 Januari 2011

Installasi Ecommerce B2B di Localhost

B2B kepanjangan dari business to business artinya adalah bisnis ke bisnis, merupakan salah satu dari banyaknya CMS (Content Manajemen System) yang berfungsi sebagai website ecommerce.  Website ecommerce merupakan sebuah
website yang bergerak pada bidang jual beli online, ada yang berbentuk B2B dan ada juga yang berbentuk B2C.  Dalam kesempatan ini penulis akan memandu proses instalasi web ecommerce B2B ke localhost pembaca. 
Layaknya sebuah proyek maka diperlukanlah beberapa alat maupun bahan, adapun bahan yang perlu kita siapkan yakni :

1.    File B2B, dapat anda download di link ini
2.    Web Server untuk Localhost, dalam kesempatan ini penulis menggunakan Paket instalasi Web Server Xampp
3.    Dan Tentunya Browser, untuk kemudahan penulis merekomendasikan penggunaan Browser Firefox (Mozilla Firefox), karena browser ini lebih fleksibel dan nggak banyak ulah, seperti musuh abadinya Internet Explorer.
4.    Sistem Operasi Windows XP/Seven, bisa juga Linux kok asal ngerti aja posisi root file web servernya.

Dalam kesempatan ini penulis tidak memandu pembaca dalam hal menginstal Xampp, karena proses penginstalan Xampp berada pada artikel penulis yang lain, dan tentunya di blog penulis juga donk “retehku.blogspot.com”.  Penulis beranggapan pembaca telah memiliki Xampp pada computer/laptop.  Sehingga penulis hanya memandu proses instalasi B2B di localhost sebagaimana judul artikel penulis ini.
Ok, setelah panjang lebar kita masuki aja sesi instalasinya :

1.    Copy / Pindahkan File b2b.rar yang telah didownload ke dalam folder htdocs, yakni di C:\xampp\htdocs.

2.    Ekstrak file b2b.rar yang telah didownload



3.    Lalu buka browser Mozilla Firefox, dengan alamat http://localhost/b2b/install/install.php, teng ten teng, maka akan tampil interface instalasi b2b.



4.    Biarkan default bahasa adalah bahasa Inggris, Klik “To Begin The Installation Of PHPB2B”.

5.    Maka tampil installasi step 2, dan klik lagi “Agreed to the agreement, the next step(N)”. 



6.    Maka Tampil installasi step 3, klik lagi “Next Step(N):Permission Check”


7.    Tampil installasi step 4, klik lagi “Test Passed, the next step(N)”



8.    Maka Tampillah step 5 yang merupakan step untuk melakukan konfigurasi database, biarkan nilai default untuk masing-masing field.



Untuk sementara biarkan database dengan settingan standarnya, cukup mengisi PASSWORD , dan CONFIRM PASSWORD misalkan dengan nilai : 1234, nantinya digunakan pada waktu mengakses halaman admin B2B. 

Selanjutnya klik “Next step(N):Site Info”

9.    Maka tampillah step 8 yang merupakan step pemberian nama website ecommerce,  Ganti nama Site Name dengan nama sesuai keinginan pembaca, sedangkan pada web site address biarkan seperti defaultnya / standarnya / yang terlihat di gambar.  Selanjutnya klik “Next Step : Installation”



10.    Maka tampillah Halaman pemberitahuan bahwa Installasi web ecommerce berhasil, disana di tautkan pula link untuk mengakses web site ecommerce secara localhost (http://localhost/b2b) dan halaman admin (http://localhost/b2b/pb-admin/login.php).



Hingga Step ini pembaca telah berhasil menginstall Web Ecommerce di Localhost, silahkan mengakses halaman login admin (http://localhost/b2b/pb-admin/login.php) gunakan username “Admin” dan Password “1234” sebagai mana yang telah di buat  pada step sebelumnya,dan silahkan merubah konten / isi dari website ecommerce ini sesuai keinginan pembaca.



Demikianlah panduan mengenai instalasi B2B di localhost, silahkan ditunggu artikel saya mengenai instalasi atau cara memindahkan website ecommerce dari localhost ke hosting beneran / internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar