Selasa, 22 Februari 2011

Melihat Rumah Adat Kabupaten-Kabupaten di Riau

Assalamu Alaikum Wr.Wb
Baiklah pembaca-pembaca sekalian, setelah beberapa lama tidak membuat tulisan baru pada blog ini, maka sekarang saya akan menambah artikel baru pada blog saya.  Artikel ini mengenai Gambaran rumah adat kabupaten-kabupaten daerah Riau, dimana telah di buat beberapa di pusat keramaian masyarakat di kota pekanbaru, yakni tepatnya di Gedung Idrus Tintin Pekanbaru.  Pemerintah membuat Rumah-rumah adat di Kiri dan kanan gedung Idrus tintin ini,
sehingga menambah objek pariwisata Pusat keramaian ini.  Hal ini tidak lain sebagai publikasi dari rumah adat daerah riau dan juga sebagai objek wisata yang dapat digunakan pengunjung untuk sekedar berfoto dan mengetahui keanekaragaman budaya Indonesia Khususnya Riau.


Beberapa rumah adat kabupaten yang saya jepret mewakili kabupaten-kabupaten yang ada di daerah riau, namun ada juga kabupaten yang rumah adanya belum terbuat di pusat keramaian Gedung Idrus Tintin Pekanbaru ini.  Gedung Idrus Tintin Terletak di Pusat Kota Pekanbaru, Tepatnya di Jalan Jendral Sudirman.  Jadi bagi temen2 yang pengen kesana lewat aja Jalan jendral sudirman dijamin jumpa deh gedungnya, Jika kita datang dari arah Marpoyan gedungnya berada di sebelah kanan jalan Sudirman, sebaliknya jika kita datang dari arah Rumbai tentunya Gedung Idrus tintin berada di sebelah kiri jalan.  Inilah penampakan Gedung Idrus Tintin, dimana terdapat beberapa gambaran2 rumah adat daerah pekanbaru di sekitar gedung Idrus Tintin Ini.


Gedung Idrus Tintin Pekanbaru (MTQ Pekanbaru)



Oke selanjutnya saya akan mengajak saudara-saudara pemirsa untuk menyaksikan rumah-rumah adat kabupaten di riau yang mencirikhaskan beragamnya budaya kita.
Tenteng... , dimulai dari kabupaten yang berada di sebelah selatan Riau yakni Indragiri hilir ini dia Pic-nya.


Rumah Adat Kabupaten Indragiri Hilir

Sorry Pemirsa, Ada penampakan Penulis he..he.., ini hanya bertujuan untuk menciptakan original karya aja. gak lebih kok (narsis gitu).  Sedikit deskripsi Kabupaten Inhil yang penulis ketahui (tentulah saye tahu, ini kampoeng saye).  Penulis berasal dari Kabupaten Indragiri Hilir tepatnya Kecamatan Reteh.  Kabupaten Inhil beribukota  Tembilahan, terletak di pinggiran sungai Indragiri yang merupakan saksi agresi II Belanda(1949 kalau gak salah). Kabupaten ini merupakan kabupaten yang kata data termiskin di riau (gak ingat deh data mana tu, pernah baca aja), bersumber penghasilan perkebunan kelapa, tu ada pohon kelapa di samping rumah adatnya. Penduduknya beraneka ragam, Pribumi Melayu (gua ghitu Lhooo), juga ada Bugis, Banjar, Jawa, Minang, dan Batak (Sedikit sih).



Rumah Adat Kabupaten Indragiri Hulu

Tenteng, selanjutnya kita jalan-jalan ke rumah adat Kabupaten Indragiri Hulu, Indragiri hulu ibukotanya Rengat gitu lho.  Terletak dipinggiran Sungai Indragiri juga (sama kayak Tembilahan / Inhil), Dahulunya merupakan pusat Kerajaan Indragiri, kemudian di mekarkan menjadi Indragiri Hilir dan Indragiri Hulu.  Sumber daya alamnya adalah Sawit dan banyak lagi.


 Rumah Adat Kabupaten Pelalawan

Next, Pelalawan.  Pelalawan merupakan Kabupaten Hasil Pemekaran (baru), ibukota Pangkalan Kerinci di pinggiran Jalan Lintas Timur.  Bersumber daya alam Perkebunan sawit, kayu bahan baku kertas (ada pabrik RAPP yang katanya terbesar di Asean).  Baru aja kemaren Pilkada, semoga mendapat pimpinan yang berkah dan meningkatkan taraf hidup masyarakat, Amien.



Rumah Adat Kabupaten / Kotamadya Bengkalis

Oke kita masuki Bengkalis, Bengkalis Merupakan sebuah pulau yang terletak antara Dataran Johor Malaysia dan Dataran Sumatera Riau Indonesia.  Banyak Encek dan Puan-puan ni ke.  Tau gak Pemirsa bengkalis salah satu Kabupaten Terkaya Se Indonesia Lho (Se Indonesia Lho Bro).



Rumah Adat Kota Pekanbaru

Ini Dia Ibukota Pekanbaru, Juga punya Rumah adat.  Maaf pemirsa foto penulis agak kurang enak tu, bukannya mau narsis atau gaya2, tapi tukang jepretnya tiba2 aja motonya.  Ya hasilnya gitu deh.  Ibukota Pekanbaru terletak di hampir di tengah2 Propinsi Riau (Strategis banget), merupakan kota bisnis terrsibuk se sumatera (cie tersibuk se sumatera).  Memiliki gedung2 bertaraf internasional, seperti Gedung Perpustakaan Soeman HS yang kayak Buku gitu Bentuknya, kemudian Gedung Gubernur (Kayak StatiusnPelepasan Roket Luar Angkasa, Lebaaaaaiii....maaf), GOR Olahraga yang bentuknya kayak Kura-kura... trus sekarang dibangun Stadion UNRI yang kueereeeennnn, penasaran ken ... ntar deh penulis coba jepret dan kasi gambar di blog penulis (tunggu di bioskop2 kesayangan anda).  Disini ada beberapa Universitas dan Sekolah Tinggi yakni Universitas Riau, Universitas Islam Riau, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Universitas Lancang Kuning, STPDN, STMIK-AMIK Riau dan banyak lagi Perguruan Tinggi lain.



Rumah Adat Kabupaten Kampar

Eits ... kita masuki daerah kampar, Kampar Beribukota Bangkinang (salah satu kabupaten terkaya se Indonesia juga lho).  Lihat tu rumah adatnya kayak rumah Gadang Sumatera barat.  Tepat sekali pemirsa kenapa begitu, ya mungkin karena Kabupaten ini berbatasan dan deket ama Propinsi tetangga itu.  Sehingga sedikit banyak mempengaruhi budaya dan adat masyarakat kampar.



Rumah Adat Kabupaten Rokan Hilir

Akhirnya kita sampai di rumah adat Kabupaten Rokan Hilir, lebih tepatnya sih Anjungan / Tempat Bertemu, kalau di bilang rumah adat mewah banget nih.  Eits... ada orang pacaran (ini sebuah penampakan yang gak perlu kali).  Ya itulah kenyataannya kebanyakan tempat pariwisata di jadiin tempat pacaran, yang lebih parah lagi tempat es*k2 (parah).  maaf pemirsa penulis sedikit mengetahui tentang Kabupaten Rohil ini maklum kesana aja belom pernah, doain ya biar bisa keliling kesana, Ke Indonesia, Ke Jepang ma Prancis sekalian aja Seluruh dunia ... ha..ha..ha



Rumah Adat Propinsi Kepulaun Riau

Ini dia Rumah adat Propinsi Kepulauan Riau (Kemarin sih masih Salah satu kabupaten Di Riau, udah mekar jadi propinsi pemirsa).
Baiklah pemirsa demikianlah perjalanan penulis melakukan sedikit publikasi tentang budaya kita terutama budaya rumah adat melayu.  Sebenarnya ada lagi kabupaten lain yang ada di Riau yakni Kuantan Sengingi (Kuansing), Rokan Hulu (Rohul) dan Meranti.  Namun penulis juga bingung gak da Rumah adatnya di Sekitaran Gedung Idrus Tintin jadinya ya gak ada Picnya.

Sebagai Bonus, Ni tukang jepret Gua saudara saudari pemirsa ... tenteng ....???

Gambar Tukang Jepret-jepret

Eits... jangan mikir macam2 ya, temen kuliah aja ni. Hi..hi..

Semoga Menambah Informasi mengenai budaya Nusantara Kita.  Wassalamu Alaikum Wr.Wb
BuyBlogReviews.com

5 komentar:

  1. asslmkm,,, bg saya tertarik dengan artikel rumah adat yang di posting di sini. kebetulan saya jg orang riau, bg tau gak sejarah atau informasi tentang rumah adat tiap2 kabupaten tersebut?

    BalasHapus
  2. Wassalamu Alaikum,
    Hai Dek Putra Riau, kebetulan saya juga belum tau sejarah2 rumah adat kabupaten tersebut. Jika adek serius adek bisa tanyakan pada bagian yang memiliki informasi lebih tentang hal itu, misalkan dinas pariwisata daerah riau. Kalau abang sih masih mencari-cari melalui pustaka digital (Google, Wikipedia dan Blog).

    BalasHapus
  3. Rumah adat Kampar bukan rumah gadang. Rumah adat kampar disebut dengan rumah lontik atau rumah lontiok, karena atapnya melentik dari atas-bawah-atas , dan tidak bertanduk seperti atap rumah gadang. atap melentik itu merupakan filosofi masyarakat melayu, dimana melambangkan bungan manusia dengan penciptaNya, Allah SWT baca : http://www.krishadiawan.co.cc/2010/03/arsitektur-dan-ragam-corak-rumah-melayu_07.html Rumah adat Kampar juga disebut dengan rumah lancang, karena bentuk struktur bangunannya menyerupai lancang (perahu layar yg besar).
    Rumah adat selaso jatuh kembar juga diadapatasi daru bentuk rumah beratap lontik ini. Seperti halnya pada rumah-rumah adat Rokan Hulu dan Rumah adat Kuantan Singingi

    BalasHapus
  4. bg tolong sebutin dong nma" setiap rumah adatnya jgn fotonya doang

    BalasHapus