Selasa, 01 November 2011

Desain Meja Khusus Laptop Programmer


Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarokatu.
Alhamdulillah Penulis Panjatkan kehadirat Allah Subhana Wata Ala dikarenakan anugrah ilmu dan Limpahan nikmat sehingga saat ini penulis mampu membuat sebuah artikel terbaru untuk penulis. Seterusnya Sholawat dan salam keatas junjungan Nabi besar Muhammad Sallallah Alaihi Wassalam atas hadirnya menjadi pembawa agama mulya untuk kita semua.

Baiklah pada kesempatan ini penulis membuat sebuah artikel tentang desain sebuah produk (ce ile). Ini hanyalah pekerjaan iseng-iseng penulis mengisi waktu luang serta mengulang-ulang pelajaran di bangku kuliah STMIK-AMIK RIAU dalam kuliah Teknologi Multimedia dan Open Source.

Penulis membuat sebuah Meja yang dikhususkan untuk para programmer, desaigner, dan para penggila Laptop dan sebangsanya. Namun tidak menutup kemungkinan meja ini dapat digunakan oleh sesiapa yang berminat mencoba dan menggunakannya, Tentunya Jika anda berminat menjadikan produk sebuah Perusahaan mesti minta izin penulis dulu dong (he..he.). Tema utama dalam pengisian bentuk meja adalah kenyamanan bagi programmer dan kebiasaan mereka, tepatnya sih kebiasaan penulis (he..he..). Penulis membuat bentuk-bentuk meja ini berdasarkan pengalaman penulis selama menggunakan laptop.

Oke, bagian-bagian yang penulis utamakan dalam pembuatan Meja ini yakni :

1. Posisi Landasan Alas Laptop, dibuat Miring sedemikian rupa derajatnya agar ketika menggunakan Laptop, Sorotan Cahaya Laptop dapat diatur dibawah Garis Lurus Pandang Mata dengan Peluang Lebih Besar. Hal ini dikarenakan Ketika Landasan Laptop Datar Maka Sorotan Cahaya Laptop langsung menyerang Mata tentu mengganggu kesehatan mata, ketika ingin menurunkan derajat layar laptop sudut pandang menjadi berkurang sehingga mempengaruhi rasa puas dalam bekerja. Bukan itu saja dengan miringnya posisi landasan Laptop ini maka Posisi Tangan akan lebih santai.

2. Tinggi Meja Dibuat + satu meter, hal ini agar kursi yang digunakan tinggi sehingga tubuh tidak terlalu santai dalam posisi duduk, dengan ini area gerakan kaki akan lebih besar dan aliran angin akan banyak tentunya berpengaruh kenyamanan duduk.

3. Tempat Mouse / Menulis, dibuat tidak sama dengan Tempat Laptop yakni lebih rendah hal ini dikarenakan kenyamanan tangan ketika memindahkan tangan kanan dari posisi mengitik (atas) ke posisi mengambil mouse (bawah), namun ini juga berfungsi untuk area menulis sesuatu yang biasanya dilakukan oleh para programmer ketika mendapatkan ide-ide tertentu.

4. Tempat Printer, Printer biasanya digunakan untuk kecepatan kerja. Ketika ada sesuatu yang dengan cepat ingin di cetak maka langsung dicetak saja, posisi tempat printer berada di depan tempat mouse memberikan kecepatan mengambil kertas print, biasanya programmer tidak mencetak sebuah dokumen kerja dalam jumlah banyak.

5. Tempat Minum, ketika mengingat programmer maka ada kata yang akan teringat yakni Kopi/Teh (Pengalaman). Seorang programmer tentu membutuhkan teman kerja yang menghangatkannya dan menghilangkan rasa kantuknya, ya itu dia MINUMAN. Disini penulis membuat tempat minuman berada di dekat pojok kiri depan Meja, hal ini diharapkan tidak mengganggu kenyamanan Bekerja dengan Mouse, Printer, dan tentunya Laptop, apa jadinya ketika programmer bekerja tiga hari tiga malam menggambar sebuah desain tiga dimensi dengan tumpukan kertas-kertas penting lalu gelas kopi yang berada di atas meja tertumpah dan membasahi kertas bahkan laptopnya, gawat bukan. Diharapkan dengan posisi yang penulis rancang ini hal itu tidak terjadi. karena Minuman diambil dengan tangan kiri dan berada di depan. Dengan lebar meja hanya 80 Cm dan letak Minuman + 60 Cm tidak akan menyebabkan malas mengambil Minum karena jauhnya.

6. Tempat Papan Kertas Pengingat, Ini merupakan tempat Tempelan-Tempelan, Lekatan-Lekatan catatan-catatan kecil programmer tentang sesuatu hal yang dirasakan takut terlupakan. Dengan posisi di depan akan langsung terlihat serta ketika menempelkan cukup dengan memanjangkan tangan kedepan.

7. Tempat Sandaran Kaki, Ketika programmer merasakan kelelahan dan stress tingkat tinggi ada kalanya ia ingin meluruskan posisi kaki atau tidur-tiduran, dengan adanya landasan kaki dengan dua tingkatan maka programmer akan lebih dimanjakan. Mau posisi ekstrim dengan memilih tingkat sandaran paling atas tentunya juga mengatur posisi kursi sehingga tubuh akan memanjang, atau sekedar memanjangkan kaki dengan memilih tingkat bawah. Hal ini dikarekan pengalaman melihat teman-teman programmer pada tumbang di meja kerja, maka terpikirlah desain meja berlandasan untuk kenyamanan tidur-tiduran.
Deskripsi di atas mewakili gambar :


Gambar Meja dan Fungsi-fungsi Bagiannya
Penulis melakukan desain pembuatan meja ini menggunakan program GoogleSketchUp , ni penulis liatin proses-prosesnya :
1.  Membuat Kerangka

Tampak Depan Sebelah Kanan


Tampak Depan Sebelah Kiri


Tampak Belakang Sebelah Kanan
Tampak Belakang Sebelah Kiri

2.  Memberi Dinding

Tampak Depan Sebelah Kanan


Tampak Depan Sebelah Kiri

Tampak Belakang Sebelah Kiri


Tampak Belakang Sebelah Kanan

 Tampak Atas

Tampak Bawah
3.  Pemberian Materian / Pengecatan


Tampak Depan Sebelah Kanan



Tampak Depan Sebelah Kiri


 Tampak Belakan Sebelah Kiri



Tampak Belakang Sebelah Kanan



Tampak Depan (Jadi deh)


Demikianlah artikel ini penulis buat,  semoga memberikan semangat bagi teman-teman untuk berpacu dalam ilmu, teknologi, karya, dan penelitian.  Penulis Mohon maaf atas penulisan , semua ini hanya imajinasi penulis yang tertuang dalam bentuk karya, tidak diharapkan kepada pembaca untuk mempercayai atau membenarkan seluruh pemikiran yang penulis paparkan di atas.  Semua perlu perbaikan, tapi inilah bentuk pertama yang mungkin diperbaiki kedepannya.
Akhir Kalam Wabilahi Toupik wal hidayah wassalamu Alaikum Warahmatullah Hi Wabarokatu.


BuyBlogReviews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar