Rabu, 07 Desember 2011

Jalan-jalan ke Situs Candi Muara Takus (Kampar, Riau, Indonesia)

Assalamu Alaikum Warahmatullah hi wabarokatu.  Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, dan Sholawat serta Salam ke atas Junjungan Nabi Besar Muhammad SAW.  Tiba saatnya penulis ingin menulis lagi, yakni sebuah artikel jalan-jalan yang pernah penulis laksanakan ketika masih bekerja di Pekanbaru City.  Penulis mengikuti acara jalan-jalan atau kata orang Malaysia “Melancong”, yakni ke situs budaya keajaiban dunia (hi..hi..) Candi Muara Takus.
Ketika libur Universitas Tiba maka kami sebagai pekerja administrative maupun para admin akses internet kampus mendapatkan jatah liburan untuk beberapa hari, setelah disepakati akhirnya Situs Budaya Candi Muara Takus menjadi tempat Melancong kami.  Ya Stress karna pekerjaan dan segala hal berhubungan dengan kerja tentu harus sejenak di fresh(f5)kan dengan hal-hal seperti jalan-jalan ini, betul…betul…betul (say upin ipin).
Pagi-pagi kami telah bersiap untuk pergi berpariwisata (ih…ribet banget, “jalan-jalan” aja ya), segala bekal dan perlengkapan telah siap.  Setelah semua teman-teman dan staff telah tiba kami pun berangkat menuju target (Candi Muara Takus).  Jam Tangan Hitamku, yang dibeliin kakak dari Malaysia menunjukkan Pukul 07.10 WIB, kami menaiki mobil dan berangkat.  Menggunakan dua buah mobil, berangkat dari pekanbaru dengan tujuan Objek Wisata Situs Budaya Candi Muara Takus, yeah….
Biar Kelihatan Tempat Tujuan Kami Ni Penulis Sertakan Foto Copy Paste 3 x 4 (cek ile kayak Curiculume Vitae Aja) penampakan candi muara takusnya yang penulis download dari Om google.
Gambar Candi Muara Takus
Gambar Candi Muara Takus Tampak Atas
Situs Budaya Candi Muara Takus terletak di Desa Muara Takus, Kecamatan Tigabelas Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Jaraknya dari Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau, sekitar 128 km. Perjalanan menuju Desa Muara Takus hanya dapat dilakukan melalui jalan darat, yaitu dari Pekanbaru ke arah Bukittinggi sampai di Muara Mahat. Dari Muara Mahat melalui jalan kecil menuju ke Desa Muara Takus.  Bisa Sih Jalan Udara Tapi Bila udah Tiba di Desa Muara Takus Terjun Payung aja Ha..ha…
Selama perjalanan kami disuguhi pemandangan indah sebelum memasuki daerah muara mahat, bukit-bukit disebelah kiri kami, lereng-lereng disebalah kanan, dan kelokan jalan di depan sesekali kami melihat kelokan sungai yang tampak kecil ketika kami berada di ketinggian, kami berhenti sejenak disebuah tempat makan / budidaya ikan, sekedar untuk berfoto dan melihat suasana disana.
Gambar Penulis (Pakai Topi) dan Staff Kantor
Setelah puas beristirahat dan berfoto-foto kamipun melanjutkan perjalanan ke Desa Muara Takus, Kamipun tiba di Muara Mahat.  Kami masuk ke jalan yang beraspal dengan lebar sekitar 4 - 5 meter.  Jika dari Pekanbaru kita belok kanan, jika dari Padang, Bukittinggi kita belok kiri dong.  Sekitar 1 – 1,5 jam kami tiba di desa muara takus, dan tentunya situs budaya Candi Muara Takus.
Sesampai disana tentunya teman dan para staff ada yang beristirahat dan ada yang berfoto.
Salah satu Candi, Ayo Mirip Apa tu candinya ???
Demikianlah perjalanan penulis ke Situs Budaya Candi Muara Takus, Kampar, Riau, Indonesia.  Semoga memberikan gambaran bila pembaca sekalian pengen jalan-jalan/melancong ke sana.  By…by… Wassalamu Alaikum Warahmatullah hi Wabarokatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar